Jumat, 02 Juni 2017

10 Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Manusia

Penyakit Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting

Kulit manusia memiliki banyak sekali manfaatnya. Selain untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, kulit juga berfungsi untuk mengatur suhu badan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika kamu lalai atau tidak peduli dengan kesehatan kulit kamu, maka kemungkinan besar kulit kamu akan terkena berbagai macam penyakit kulit.  Berikut ini macam-macam penyakit kulit yang bisa menyerang kulit manusia.

1. Jerawat


Penyakit kulit yang satu ini paling banyak diderita oleh manusia, terutama kaum muda. Penyakit kulit ini disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan. Kelenjar minyak terhubung dengan pori-pori di bawah kulit oleh saluran yang disebut dengan folikel. Pada saat folikel tersebut tersumbat, maka jerawat akan tumbuh.

Oleh karena itu, perlu perwatan yang ekstra guna mencegah serta mengobati penyakit kulit yang satu ini. Pencegahan atau pengobatan yang terbaik adalah dengan menggunakan obat-obatan alami. Karena obat-obatan alami tergolong cukup ampuh dan memiliki resiko yang sangat sedikit, bahkan tidak ada resikonya.

2. Eksim

Penyakit kulit yang satu ini termasuk dalam penyakit kulit jangka panjang. Penyakit ini adalah eksim yang dikenal juga dengan sebagai dermatitis atopik.

Gejala yang paling umum pada penyakit kulit ini adalah kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, penyakit ini akan menyerang bagian wajah, siku, lutut belakang, tangan dan kaki.

Hingga detik ini belum ditemukan cara ataupun alat yang bisa digunakan untuk mendiaknosa penyebab penyakit ini. Dokter hanya dapat mendiaknosa dengan cara mendapatkan informasi dan riwayat medis dari penderita.

3. Hives

Penyakit kulit yang satu ini biasanya disebabkan oleh alergi makanan atau obat-obatan. Penyakit ini juga bisa timbul akibat dari infeksi atau stress. Penyakit ini biasanya ditandai dengan benjolan dan terkadang benjolan tersebut menimbulkan gatal-gatal. Namun, penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya

4. Impetigo

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak pada usia sekitar 2 sampai 6 tahun. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri impetigo yang masuk ke dalam kulit. Biasanya, bakteri impetigo ini bisa masuk ke dalam kulit melalui luka, goresan dan gigitan serangga.

Gejala yang akan timbul adalah berupa luka merah atau seperti jerawat yang memerah di sekitarnya. Luka tersebut lama kelamaan akan mengeluarkan nanah. Kemudian dalam beberapa hari akan membetuk seperti kerak tebal. Penyakit ini biasanya menyerang pada bagian muka, lengan dan kaki. Untuk pengobatannya bisa menggunakan obat antibiotik.

5. Ruam

Ruam atau disebut juga dengan dermatitis biasanya akan menyerang bagian wajah, belakang lutut, siku, tangan dan kaki. Penyakit kulit ruam ini biasanya akan menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, penyakit ini menyerang anak-anak kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini.

6. Bisul

Bisul adalah penyakit kulit yang ditandai dengan benjolan merah pada kulit, yang akan terasa sakit bila diusik. Biasanya bisul berisi nanah.

Bisul ini biasanya muncul karena infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada lubang tempat tumbuh rambut, atau bahasa medisnya folikel.

Bagian yang paling sering diserang bisul adalah bahu, bokong, leher, wajah, ketiak, dan paha. Hal itu terjadi karena bagian-bagian tersebut paling sering mengalami gesekan dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Selain itu, bagian-bagian tersebut juga paling sering berkeringat.

Bisul juga bisa tumbuh di kelopak mata. Nama lainnya adalah bintitan. Padahal, sama-sama bisul.

Gejala utama bisul adalah benjolan merah pada kulit. Bisul mempunyai sifat membesar. Akan muncul dari titik kecil disertai dengan kulit yang memerah, terasa hangat ketika disentuh, dan sedikit bengkak. Setelah itu akan menyebar ke kulit di sekelilingnya.

Bisul bisa diobati dengan mengkompresnya dengan air hangat setidaknya tiga kali sehari.

7. Kudis

Tungau biasanya yang menyebabkan penyakit kudis ini. Ciri-ciri terkena penyakit ini adanya keropeng, kebotakan, dan kegatalan pada kulit.

Gejala yang ditimbulkan dank has pada kudis adalah liang pada permukaan kulit, kemerahan, gatal, dan biasanya ada infeksi sekunder, misalnya akibat bakteri.

Hati-hati, bayi juga bisa terkena penyakit ini. Gejala yang timbul biasanya muncul bisul pada telapak kaki dan telapak tangan.

Kudis dapat dicegah dengan memakai sabun dan sampo dengan merata setiap mandi, lalu keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering.

Tetapi sebelum itu cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahara hari di antara jam 09:00 – 11:00, hal itu dapat mengurangi resiko, bahkan sampai menghentikan siklus tungau.

Jagalah selalu kebersihan rumah dan sekitarnya, semprotkan juga desinfektan yang mengandung bahan antiseptik.

8. Kurap

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang berkembang. penyakit ini biasanya muncul dibagian tubuh kuku, bagian atas kepala, selangkangan, dan kaki. Istilah lain dari penyakit kurap ini adalah ‘tinea’. Penyakit ini menyerang semua kalangan dan yang paling utama adalah anak-anak.

Munculnya penyakit kulit kurap di tandai dengan munculnya ruam kemerahan berbentuk cincin dengan garis lurus yang tidak beraturan. Setelah muncul ruam rasa gatal akan sangat terasa di ruam itu dan jika tak diobati ruam akan tersebar ke seluruh tubuh.

Obat yang digunakan

Kurap dapat diatasi dengan obat anti jamur yang berbentuk salep, obatnya dijual bebas di pasaran. Tetapi sangat disarankan untuk menggunakan yang tablet jika penyakitnya sudah parah dan tak kunjung sembuh. Khusus untuk kurap yang ada di kepala di anjurkan untuk menggunakan sampo anti jamur agar mencegah penyebaran infeksi.

Cara penularan dan langkah pencegahan penyakit kurap

Kurap memang tidak berbahaya, tapi yang perlu dipahami penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui kontak langsung dengan kulit ataupun dengan perantara benda seperti handuk, pakaian, dan HP. Cara pencegahannya cukup mudah adalah dengan menjaga kebersihan. Langkah-langkahnya seperti rajin mencuci tangan dan merutinkan untuk membersihkan tempat tinggal.

9. Panu

Penyakit panu memang tidak terlalu berbahaya bagi penderitanya tetapi efek lain dari panu adalah membuat penderitanya menjadi tak percaya diri. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bulatan kecil berwarna putih dan rasanya menjadi gatal. Jika tidak segera di obati penyakit ini akan dengan cepat tersebar kebagian yang lain.

Biasanya panu tumbuh di bagian tangan, kaki, punggung bahkan muka. tak hanya orang dewasa yang bisa terkena panu anak kecil pun sangat berpotensi untuk terkena penyakit ini. karena penyakit ini sangat mudah menyebar dan menular pada siapapun.

10. Penyakit Kulit Vitiligio

Penyakit kulit Vitiligo yakni salah satu jenis penyakit kulit yang langka, karena dapat membuat penderita kehilangan pigmen pada kulit. Faktor resiko penyebab Vitiligo yakni memiliki penyakit kronis seperti diabetes, faktor genetika, stress, terbakar matahari.

Sumber https://www.satujam.com


0 komentar

Posting Komentar