Minggu, 04 Juni 2017

Ketahuilah 10 Penyakit Berbahaya yang Mematikan Beserta Gambarnya

1. Malaria


Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Kebanyakan parasit tersebut dibawa oleh nyamuk Anopheles, kemudian ditularkannya ke manusia dengan cara menusukkannya ke dalam pembuluh darah. Gejala umumnya adalah demam dan sakit kepala, yang jika tidak ditangani secepatnya dapat menyebabkan koma bahkan kematian. Penyakit ini ditemukan terutama di daerah tropis dan sepertinya belum ada vaksin yang efektif.

2. HIV/AIDS

HIV merupakan suatu virus yang menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Tanpa pengobatan, seorang dengan HIV bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi, tergantung tipenya. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun.. Sejak penemuannya, AIDS telah menyebabkan lebih dari 30 juta kematian.

4. Kusta

Penyakit kronis ini telah memiliki sejarah panjang yang membuat korbannya dianggap sebagai sampah masyarakat karena cara deformasi permukaan kulit. Meskipun hari ini perawatan telah ditemukan, di banyak bagian negara berkembang koloni kusta dunia masih sangat lazim.

5. Stroke

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Stroke adalah penyebab kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa. Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya.

6. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Ada dua jenis penyakit pada infeksi saluran pernapasan bawah, yaitu bronkitis dan pneumonia. Beberapa gejala umum dari infeksi ini adalah pilek dan bersin, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Meskipun di sebagian besar negara-negara barat penyakit ini tidak fatal, di negara maju infeksi pernapasan bawah dengan mudah dapat mematikan.

7. Meningitis

Meningitis adalah peradangan pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi dan kurang umum oleh obat-obatan tertentu. Gejala yang paling umum adalah sakit kepala dan leher kaku serta berhubungan dengan demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan ketidakmampuan untuk mentolerir cahaya atau suara keras.

8. Serangan Jantung

Serangan jantung, atau infark miokardial adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Kira-kira 1 dari 3 orang dikatakan meninggal karena penyakit jantung.

9. Penyakit Paru-Paru Kronis

Penyakit ini disebabkan oleh partikel berbahaya atau gas, paling sering dari merokok, yang memicu respon inflamasi abnormal pada paru-paru. Di seluruh dunia, penyakit ini diproyeksikan menjadi penyebab utama keempat kematian pada 2030 akibat peningkatan tingkat merokok dan perubahan demografi di banyak negara.

10. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Pada skala dunia, kanker paru-paru adalah kanker yang paling umum menyebabkan kematian pada pria dan wanita terkait, yang bertanggung jawab untuk 1,38 juta kematian setiap tahunnya.

Sumber http://akip098.blogspot.co.id

0 komentar

Posting Komentar